Portal ini merupakan ruang publikasi ilmiah yang pengelolaan dan penerbitannya dalam bentuk journal elektronik oleh Komunitas PAMA Aksara. Sebagai sebuah komunitas yang bergerak di dalam bidang literasi, Komunitas PAMA Aksara menyediakan media alternatif untuk menerbitkan publikasi-publikasi ilmiah. Portal ini dikelola oleh bagian publikasi Komunitas PAMA Aksara, yang berusaha selalu menyediakan ruang publikasi ilmiah berbagai bidang ilmu.

Journals

  • POSITIVISME: Jurnal Ilmu-Ilmu Eksakta

    POSITIVISME: Jurnal Ilmu-Ilmu Eksakta merupakan publikasi resmi komunitas literasi PAMA Aksara yang bernaung di bawah RC-INSTITUT. Edisi pertama jurnal ini diterbitkan pada tahun 2019 dalam versi online terbit empat kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media bagi para peneliti Ilmu-Ilmu Eksakta dan para sarjana terkait untuk mempresentasikan dan mendiskusikan perkembangan terbaru penelitian dan kemajuan di bidang Ilmu-Ilmu Eksakta.

    POSITIVISME: Jurnal Ilmu-Ilmu Eksakta menyambut para peneliti dari berbagai bidang latar belakang untuk mengirimkan artikel penelitian mereka sesuai dengan fokus dan ruang lingkup yang disediakan, baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Selain itu, kami juga menerima ulasan buku pada setiap publikasi.
  • DIKDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

    DIKDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan publikasi resmi komunitas literasi PAMA Aksara yang bernaung di bawah RC-INSTITUT. Edisi pertama jurnal ini diterbitkan pada tahun 2019 dalam versi online terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September dan November. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media bagi para peneliti pendidikan dasar dan para sarjana terkait untuk mempresentasikan dan mendiskusikan perkembangan terbaru penelitian dan kemajuan di bidang pendidikan dasar.

    DIKDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar menyambut para peneliti dari berbagai bidang latar belakang untuk mengirimkan artikel penelitian mereka sesuai dengan fokus dan ruang lingkup yang disediakan, baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Selain itu, kami juga menerima ulasan buku pada setiap publikasi.
  • BARAJA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

    BARAJA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan publikasi resmi komunitas literasi PAMA Aksara yang bernaung di bawah RC-INSTITUT. Edisi pertama jurnal ini diterbitkan pada tahun 2020 dalam versi online terbit empat kali dalam setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media bagi para peneliti pendidikan dan pembelajaran dan para sarjana terkait untuk mempresentasikan dan mendiskusikan perkembangan terbaru penelitian dan kemajuan di lapangan pendidikan dan pembelajaran.


    BARAJA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyambut para peneliti dari berbagai bidang latar belakang untuk mengirimkan artikel penelitian mereka sesuai dengan fokus dan ruang lingkup yang disediakan, baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Selain itu, kami juga menerima ulasan buku pada setiap publikasi.

  • Socio Humanus

    Socio Humanus (2746-7546) is the official publication of the PAMA Aksara literacy community. The first edition of this journal was published in 2019 in an online version published twice a year in April and October. This journal is intended as a medium for social science and humanities researchers and related scholars to present and discuss the latest research developments and advances in the social sciences and humanities fields.


    Socio Humanus (2746-7546) welcomes researchers from various background fields to submit their research articles according to the focus and scope provided, both in Indonesian and in English. In addition, we also accept book reviews on each publication.


    The author who will submit the manuscript after deadline of submission as long as meet the requirement for publication in this journal will be process for next issue. The paper submission and reviewing procedures in Socio Humanus will be processed with the web-based system via the Open Journal System (OJS) by Public Knowledge Project (PKP). We strongly prefer to receive manuscripts via our online submission system. With using our OJS system, authors can upload manuscript files (text, figures, and supplementary information) directly to our office and check on the status of Reviews their manuscripts during the review process. First, kindly please register as an author, and then you should login to submit your papers. Please don't forget to tick author when you make a registration. The most important things in this stage that all of the authors must have a ORCID ID, if you didn't have yet please make your ORCID ID in https://orcid.org/. Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions. Copyright of all material published in this journal remains with the authors. Authors grant Journal of Socio Humanus the right of first publication.


    Online Submission


    Already have a Username/Password for Socio Humanus >> Go to Login
    or Need a Username / Password? >> Go to Registration


    Our Timeline and Publications
    Our latest publication >> Current
    Or all our publication >> Archives


    If you have some problem or questions, do not hesitate >> Contact Us


    For quick response please send an email to sociohumanus@ejournal.pamaaksara.org. Please mention your subject, your name and the problem with our online submission system. Our team will reply your questions or problems as soon as possible. Thank you for your patience.

  • Galanggang Sejarah


    Galanggang Sejarah (ISSN: 2684-8767) merupakan publikasi resmi komunitas literasi PAMA Aksara yang berada di bawah naungan RC-INSTITUT. Edisi pertama jurnal ini diterbitkan pada tahun 2019 dalam versi online terbit empat kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Jurnal ini dilengkapi dengan (e)ISSN: 2684-8767. Sesuai dengan namanya, jurnal ini dimaksudkan sebagai “Galanggang” bagi para peneliti sejarah dan para sarjana terkait untuk mempresentasikan dan mendiskusikan perkembangan terbaru penelitian dan kemajuan di lapangan ilmu sejarah, studi kasus sejarah, dan pendidikan sejarah.


    Galanggang Sejarah menyambut para peneliti dari berbagai bidang latar belakang untuk mengirimkan artikel penelitian mereka sesuai dengan fokus dan ruang lingkup. Galanggang Sejarah baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Selain itu, kami juga menerima ulasan buku pada setiap publikasi. Galanggang Sejarah berperan dan berpartisipasi dalam upaya mendukung kelestarian tradisi ilmiah yang bersumber dari telaah teoritis para peneliti sejarah.

  • Jurnal Halaqah


    Jurnal Halaqah (2685-6379) merupakan publikasi resmi komunitas literasi PAMA Aksara yang bernaung di bawah RC-INSTITUT. Edisi pertama jurnal ini diterbitkan pada tahun 2019 dalam versi online terbit empat kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media bagi para peneliti pendidikan dan para sarjana terkait untuk mempresentasikan dan mendiskusikan perkembangan terbaru penelitian dan kemajuan di lapangan pendidikan.


    Jurnal Halaqah (2685-6379) menyambut para peneliti dari berbagai bidang latar belakang untuk mengirimkan artikel penelitian mereka sesuai dengan fokus dan ruang lingkup yang disediakan, baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Selain itu, kami juga menerima ulasan buku pada setiap publikasi.